Desa Kedokan Sayang


Babad Desa Kedokan Sayang

Ditulis oleh : maszaenal

@ Letak Desa Kedokan

Desa Kedokan Sayang yang terletak di segitiga perbatasan antara tiga kecamatan yaitu Keacamatan Talang, Kramat, dan Tarub merupakan desa yang memiliki satu rangkaian kisah dengan desa-ddesa lain. Desa-desa yang memiliki rangkaian satu kisah adalah Desa Kali Gayam, Cangkring, Wangan Dawa, Semingkir, dan lain-lain. Kedokan Sayang masuk wilayah Kecamatan Tarub, berada paling utara. Desa ini dibatasi oleh desa-desa yang berbeda kecamatan. Batas sebelah utara desa Jatilawang dan dan Kematran yang masuk wilyah Kecamatan Kramat. Sebelah timur dibatasi Bumiharja yang masuk wilayah Kec. Taub. Sebelah selatan desa Tarub dan sebagian Kemanggungan yang masuk wilayah Kec. Tarub. Sedangkan sebelah barat desa Wangan Dawa yang masuk wilayah Kec. Talang.

Dulu di desa Kedokan Sayang ini pernah ada sesepuh desa yang konon seorang wali yang terkenal dengan nama Mbah Panggang. Namun cerita asal usul desa ini tidak berasal dari Mbah Panggang seperti desa-desa lain. Makam Mbah Panggang yang terletak di bagian selatan desa ini sampai sekarang masih di keramatkan bahkan pada tahun 2004 dipugar dan diberi atap dan tempat untuk berziarah. Asal usul Mbah Panggang sampai dengan diterbitkannya tulisan ini belum dapat diketahui. Makam Mbah Panggang dulu sering dijadikan tempat untuk bersumpah jika ada orang bersengketa. Caranya dengan melompati makam tersebut. Jika salah satu yang bersengketa itu benar atau tidak bersalah maka dia dapat melompati makam tersebut. Sebaliknya jika bersalah baik salah satu atau keduanya maka tidak dapat melompati makam tersebut. Padahal lebar makam tersebut tidak terlalu lebar, hanya satu lompatan biasa.

@ Tempat-Tempat Penting

Ada beberapa tempat penting di desa Kedokan Sayang. Tempat-tempat tersebut menjadi sangat dikenal karena mempunyai nilai tertentu. Misalanya keramat, angker, unik dan lain-lain. Tempat-tempat tersebut adalah :

1. Makam Mbah Panggang

2. Makam Kidapati

3. Jaratan Kasir

4. Jaratan Dempet

5. Brug Jarum/ Jembatan Jarum

6. Prapatan Celeng

7. Ganjuran

8. Kampung Arab

9. Blok M/ Blok Masjid Baiturrohman

10.Karang Moncol

11. Tambak/ Pedukuhan di sebelah timur

12. Keben/ Pedukuhan kecil di sebelah selatan

13. Kuburan Pesarean di dukuh Tambak

 14.    Balai Desa

@ Wilayah Desa Kedokan Sayang

1. Desa Kedokan Sayang sebagai pusat pemerintahan desa sebagai induk desa.

2. Dukuh Tambak, adalah pedukuhan yang terletak di bagian timur berdekatan dengan desa Bumiharja. Dukuh ini dalam satu RW dengan Dukuh Bulak yang berbatasan dengan desa Kemantran Sesepuh di Pedukuhan ini yang terkenal di antaranya : Bapak Palan/ Sebagai polisi desa, Haji Asy Ari ( alm ) sebagai tokoh agama.

3. Keben adalah pedukuhan yang berada di unujng selatan desa berbatasan dengan desa Kedungbungkus.


@ Tokoh Desa

Tokoh zaman dahulu/ Kuna ( …s.d. masa perjuangan ) :

1. Mbah Panggang

2. Kyai Kalman

Tokoh zaman sekarang ( setelah kemerdekaan s.d. sekarang ) :

1. Manten Tanggal/ Alm.

2. Manten Sakum/ Alm.

3. K.H. Mahmud/ Alm

4. Kyai Kasdi/ Alm.

5. Sirad/ Siryad/ Alm.

6. K.H. Abdulloh Kasdi/ Alm.

7. Manten S. Sahuri/ Alm.

8. Manten Sudiryo/ Alm.

9. Manten Dar an

10.Kyai Kasan Kasdi

11.Ust. Wiryadi, Drs.

12. Ust. Tolib, S.Pd.I/ Alm.

Kisah Terjadinya Desa Kedokan Sayang

Gendowor seorang pengembala kuda, dia diangkat menjadi Adipati di Tegal. Karena menentang perintah kerajaan ia diberhentikan dari jabatannya. Ia berseteru dengan Bagus Suanda yang tidak mau bekerja sama dengan Belanda.

Ketika Gendowor datang ke rumah Bagus Suanda tidak dapat bertemu dengan Bagus Suanda karena sedang pergi ke Jawa Barat. Ia hanya bertemu dengan Ayah Bagus Suanda. Kecewa tidak dapat bertemu dengan Bagus Suanda, Ayah Bagus Suanda yang sudah tua itu dipukuli oleh Gendowor. Gendowor mengamuk di rumah Bagus Suanda. Ketika Bagus Suanda pulang ke rumah, mengetahui Ayahnya penuh luka ia marah dan mengejar Gendowor.

Bagus Suanda berhasil mengejar Gendowor, maka terjadilah perkelahian antara kedua orang yang sama-sama sakti. Kejar-mengejar antara keduanya siang dan malam hingga berhari-hari. Setiap daerah yang dilewati oleh pelarian Gendowor menjadi nama-nama desa. Misalnya ketika Gendowor bersembunyi di tepi sungai, di bawah pohon gayam maka tempat itu diberi nama Desa Kaligayam. Lalu berlari ke timur bersembunyi di bawah pohon cangkring maka tempat itu diberi nama Desa Cangkring. Gendowor terus dikejar oleh Bagus Suanda. Untuk menyingkir dari kejaran Bagus Suanda, ia menyusuri sungai kecil atau wangan yang panjang, tempat itu sekarang diberi nama Wangan Dawa dan tempat untuk menyingkir diberi nama Semingkir tempatnya di sebelah utara Wangan Dawa.

Bagus Suanda tidak kenal menyerah, ia tidak akan berhenti sebelum dapat menangkap Gendowor. Hingga akhirnya Bagus Suanda berhasil menemukan Gendowor yang sedang kehausan hendak minum air empang atau blumbang atau Kedokan. Seketika itu pula Bagus Suanda menyerang Gendowor. Perkelahian terjadi cukup seru karena saling mengeluarkan kesaktian masing-masing. Gendowor kalah tak berdaya. Tempat perkelahian itu dinamakan Kedokan Sayang. Mengapa disebut demikian? Sebab di Kedokan tadi sangat disayangkan, seorang Adipati Gendowor minum air di Kedokan dan Sayang pula di Kedokan itu Gendowor kalah. Kudanya yang bernama Kidapati dimakamkan di Pemakaman Seng atau jaratan Kasir, sampai sekarang masih dapat dijumpai makamnya di situ. Lalu di mana makam Kendowor? Sampai sekarang maish misteri. Maka tempat itu di kemudian hari menjadi desa Kedokan Sayang. Sampai hari ini desa Kedokan Sayang masih ada tempat lahir nenek moyang saya, ibu saya, bapak saya, kakak saya, saya dan anak-anak saya serta ponakan saya.

167 Tanggapan

  1. Tempat2 unik durung disebutna lik. kaya jeliran, keben, tambak. Aku malah pengin ngerti riwayat tempat2 terkenal, kaya blok sigamblok, blok sirandu…..mbokan ana duit malah pan tak dirikena REALESTATE, nama2 blokke ya kue mau

    • apa kabar mif aku wong dokan sayang kanca miyen sa angkatan

    • Kamu skolahnya di mana & kelz brapa

  2. Diundangi kabeh perantau2 asal tegal piben carane ben wong tegal pada melek iptek. Trus kon ngisi blog (macane biasa bae aja bloh) tegalan manurut khasanah pandange dewek2. Sohirin cilike nang Wangandawa Talang, ayena dina Puncak Cianjur.

  3. apik mas…lumayan lah daripada lumayun, ya belih?
    yen aku oleih komentar sih, olih o ya? blog_e sampeyan wis apik cuman kurang variasi dadine tampilane kurang sipp.
    tapi pisan maning ya lumayan wis mas daripada ora ya belih?
    maju terus mas…………..

  4. Aku seneng maca asal usul desa2 neng tegal,ben aku luih ngerti tegal.pancen aku mbrojol neng jakarta tapi aku asli tegal. wong tuaku asli wangandawa. Aku 12 taun neng tegal, usulan sing ngejak wong tegal kumpul kayane bisa di terusna ilok kalah sih karo daerah liane. Sadurunge matur nuwun sanget kanggo sadulur tegal kabeh sing bisa ketemu neng dunya maya kaya kie.

  5. mas zaenal aku wong tegal tapi aku lahir di jakarta, apa asal usul dokang sayang dan desa2 disekitar itu bisa diper tanggung jawab kan kebenaranya, apa cuma hanya katanya.

    • Babaguguss

  6. mas solihin saiki neng bogore neng endi aku be wing wangandawa, saiki aku neng kota bekasi kih no hp hu 081310810310

  7. wah nek bisa yaaa sing lengkaplah bos.
    ben kabeh sing mbaca dadi seneng kaya kuwe.
    okey…

  8. _aSaLamUaLaIkUM pAk????
    _mSi ingEd ghA aMa sYa??
    _qUw aLuMnUs SMP dUkrA, mAntan kLs IXC..
    _oOo eA, kLo bSa j9n cMaN sJrh dS.kEdOkan sAyang aJa dUnk pAa….
    _dS y9 lAen j9…
    _oKEEEee pAA….
    _bY rIzKa Cs_

    • sementara baru itu nanti kalau sudah ada waktu disusul yang lain. barangkali Rizka punya sejarah desa kamu kirim saja ke saya zaenal30@yahoo.co.id, trim ya riz.

  9. pade zen,,sampean kenal aku ora..??? aku putune mbah siraj.. sing umae iringane langgar baitissalam,, aku saiki neng batam maning. salam buat semua yg di kampung.

    • Ya kenal nemen. dingaren Lah, sing kenteng nyambet gawe men duwite akeh. kaya kuwe, Lah?

  10. pade,saiki kampung arab disingkat (camara).. trus jare mbah gendowor kuburane neng jaratan seng

    • sing neng jaratan kasir udu makam mbah gendowor, kae makame kidapati, jarane mbah gendowor. sing jelas mbah gendowor jenazahe di gawa nggo bukti yen wis dicekel.

  11. assalamualaikum,pak jen aku slamet anake daryo. sing ana neng batam.priben kabare sampean sakeluarga sehat2 bae,alhamdulillah…aku neng batam keadaane apik bae.pak jen salam go pemuda2 dox-say khususe kampung arab.tulung..!!!gon pada sadar,gon eling maring sing gawe urip.

    • Kabare apik. wis ngerti? kyai ghofar wis ora ana. neg batam sing ati-ati

  12. mas mif,pa kbr!!! q slamet bodcng cah kam-arab..!!saiki sampean neng endi langka kabar wartane,mbiyen ora kelingan jamane sandiwara UMAR BIN KHOTOB.saiki bisane langka generasi peneruse,primen angger saiki dibangkitena maning!!!setuju apa ora…..kyeh alamate aku neng batam.bokan pengin dolan:KOMP.BUMI AYU LESTARI BLOK:E NO:34 NAGOYA-BATAM.no hp:081372333419,085765013030,081990849333 aktif kabeh.

  13. pak jen duwe rencana maring mekah apa ora,trus kapan…

    • rencana tah duwe, tapi duwite sing urung ana. dongakna bae ya, met, men klakon. aamin

  14. pade,pan melu takon primen carane ngarani neng peta desa kedokan sayang..soale aku coba ping akeh ora bisa2… terima kasih sedurunge.

    • neng wikimpia wis ana carane. aku kllen suwe ora mbuka. dicacak maning pokoke neng kono ana carane

  15. Kang,aja klalen karo tempat2 pentinge oowh,kaya bale desa,
    Jaratan2,masjid2,lan seliyane.Ben pada mendhelik pemudane.
    Aja mung gelut thok bisane.

  16. Pak Zaenal bloggernya ada halaman yang seperti daftar isi

  17. Pak Tulung Doain Agar Kelas IX B Agar LULUS Semua

    • Insya Alloh saya doakan semua kelas 9 lulus. Aamiin

  18. pak saya ahlis 7i dan teman teman minta maaf jika ada kesalahan

  19. pak tolong doakan kelas 7 i nilai ujiannya bagus 2 terutama bahasa indonesia

  20. lagi apa pak

  21. inyonk wakili cah tambak melasna nemen ora dtulis nang kene?wis,sampean kaya kuwe ya karo wong tambak?

    • terima kasih atas masukannya. aja kuwatir, mengko ana edisi revisi dadi tambak mlebu neng tulisan desa kedokan sayayng. ok, mas dedi ?

      • aja kawatir kang,Nyonk asli nang jakarta kiye lgi ngmpulna cah tegal khususe dokan sayang karo tambak,ben waktu ktemu nang ngendhi bae trutama desa ora gelut-2an maning.njaluk restune ya kang?

  22. PAK SAYA RASDI DARI 9D

    • terima kasih, atas kunjungannya

  23. Pak aqu wahyu 9d. pak ngumpulin madingnYa habis lebaran boleh?

  24. Pak saya OKtafian perwakilan dari 9d ngucapin selamat hari raya idul fitri. Mohon ma’af lahir batin.

    • Sama-sama maaf lahir batin, kalau mading urusannya ke bo ida, tapi sekarang sdah libur. Jd ya sampai lubar bada

  25. ASSLAMUALAIKUM…pade met hari raya idul fitri 1430h mohon ma’af lahir batin.

    • pada-pada Lah, saiki neng endi? muga-muga pan bada akeh rejekine, aamiin

  26. buat semua yang masuk blog ini nyong ngucapna minal aidin wal faidzin mohon ma’af lahir batin.. mari kita pererat uhkuwah islamiyah

  27. Pak saya mau tanya nilai mid kelas 9d yang remidi berapa anak?

  28. pak, bagaimana caranya biar kota tegal jadi lebih maju…

  29. pak kapan kiamat?

    • tunggu bae mengko kowen pan ngalami dewek

  30. assalamualaikum. . .
    pak, saya minta doa restu agar bisa lulus ujian dengan nilai yang baik. . . dan semua kelas IX smp negeri 2 kramat

  31. hlo pak,
    pak guru lebih suka pilih mna bhs indonesia atau tik?

    • lebih suka pilih siska. e………… ya bahasa indonesia dan tik, begitu.

  32. Pak zenal
    knpa bapak memakai Avg?
    Gx pake avira? Mnrut saya avira lebih bagus.

    • sepanjang pengalaman saya avg lebih handal. virus apa pun lenyap, tak pandang lokal atau bukan. memang lebih berat tapi ampuh puh puh. saya sudah pernah memakai beberapa antivirus tapi kembali ke avg.

  33. pak gimana kalo pakai smadav itu adalah antivirus indonesia yg cukup bagus

  34. kiye situse arif abidin.kakange amin basar?

    • dudu mas cuyan, kiye deke mas zaenal. inyong sering liwat neng wangandawa.

  35. pak kenapa internet di warnet lebih murah?

    • lebih murah karena dapat diparalel menjadi beberapa komputer. lihat saja di warnet yang dikunjungi ada berapa komputer, hitung saja. kalau ada 10 komputer dipakai semua maka dalam 1 jam warnet dapat menarik uang rp 30.000 jika per jam rp 3000. begitu. terus dikalikan dalam satu bulan berapa jam pemakaian kalikan saja.

  36. Pak bapak sudah punya berapa blog?
    apa saja

    • baru satu ini, nantinya akan ditambah biar banyak teman

  37. Pak dimana Pakguru dapat film harrypotter?

  38. Salam oi……aku wakile penggede prapatan sing nduwe ambisi pengen nyatukna pemuda Doxsay lewat olah raga N musik …………fans iwan fals

    • saya dukung semangat Oi. terimakasih atas kunjungannya

  39. Ass.wr.wb MOga DoXsay makin rukun N Maju ………..hilangkan KKN di desa ini………termasukk yang njabat skarang,’ sudah habiskah kaum lk2 yg berotak ,apa memang kalah beking…………….

    • wa alaikum salam. makin maju sekarang, rukunnya itu yang belum 100%, moga-moga saja kkn lenyap

  40. Ok.bgt aye spendapat dgn Anak Oi”””””””””

    • harusnya begitu kita saling dukung dalam hal kebaikan. terima kasih atas kunjungannya

  41. sip mas. ada sejarah berandal mas cilik?

    salam blogger,
    masmpep.wordpress.com

  42. Ass.wr.wb moga pemerintah Ds memperhatikan penerangan jalan………..biar keamanan gampang di pantau..Thanks

    • ya, muga-muga bae

  43. ass.wr.wb
    pak,saya dicky mantan kelas 9c,makasih banyak ya pak,pak guru udah bantu aku,,aku suruh guruku buat asal usul desa tapi aku dah cari tetep ga ada,,,
    tapi untung pak zaenal punya asal usul desa dokan sayang.
    makasih ya pak…
    wss.wr.wb

    • sama-sama, dick. ini memang disediakan untk siapapun yang penting bermanfaat

  44. ass…pak guru zaenal,kenal aq ga?AQ wong doxsay sing rezekine neng arabia

    • wa alaikum salam. umahe neng karang moncol? Apa ana liyane? Saiki neng endi? Neng arabia? Sing penting rezekine akeh. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga sehat slalu dan sukses dimana saja berada. Amin.

  45. alhamdulillah,,amin ya rabbal alamin..omahku cedak bale desa ora adoh neng gang puteng sing umahe duwur,,nggei krungu ana kabar apa neng desaku

    • Kabar neng desa apik. pembangunan tambah. lagi musin udan.

  46. AsS CaMp0ENk Arab.. PbeN Kbare Blok qta..?? LaNcAr BLih..?? TLoNg ya Aq Nitip CaMp0ENk Arab eben ari AnA MsLah UrUsaNe LaNcAr. Ok..!! I LoVe yOu FuLL CaMp0ENk Arab. Ha…ha… (By: Skela CaMara. Ch enoM ws pda Ngrti Aran Qye). Ok..!! Lop Lop yOu PuLL…

    • Kamara, baik, aman, makmur dan sejahtera. OK?

      • Kiye mas Zaenal pak Guru Bahasa Indonesia..? Aku kayane tau dadi muride.

        • ora salah. siki neng endi If? wis ora neng kemantran saiki? muga-muga pada sukses bae, akeh rejekine.

  47. Ok..!! Mkas!h pk Zenal Abidin. Nitip Camara bae wis ya..?? Oya pk.. Kbare Pade Karyo pMen pk..?? K’y0Ng Lka Abane padene Aq..??

    • Pade apik kabare, sehat wal afiat

  48. Saiki ana kbr apa nang dox say? wis suwe aq ora trn gunung by:bandoel sing duwe SDN 01

  49. Assalamualaikum pak zen aq wong anyar nembe melu crane prben bsa online trus?trims pak zen

    • Terima kasih atas kunjungannya. Kabar di desa baik-baik saja, hujan terus. Kemarin hari jumat bpak Tapsir ( bpknya Samsudin) meninggal dunia. Maksude sing online website? angger kue carane kudu daftar neng penyedia hosting. Ana sing bayar ana sing ora. Wong doxsay ana telu kayane sing duwe website tapi sing bisa di buka neng google, mung kiye.

  50. Trima ksh bgt pak zen atas infonya..

  51. Ya SyUkuR aLhmdLLah WeZz.. Muga2 ya SkaBehane WoNg sing Urip ng nDuNio seHat Kbeh ya Pak.. Amin… 3X ya rABbaL ALamin. Mks!h PaK ZenaL Yo..??

  52. Ya SyUkuR aLhmdLLah WeZz.. Muga2 ya SkaBehane WoNg sing Urip ng nDuNio seHat Kbeh ya Pak.. Amin… Mks!h PaK ZenaL Yo..??

  53. Pak knapa hri senin selasa gax jadi try out padahal ada jadwalnya? slasa kemarin

  54. dalahi gambar desane..endah ngarti kayang apa..??

    • tunggu saja, nanti akan ada revisi berikutnya. yang kedua dalam blog ini mengutamakan iqra nya alias membaca.

  55. Melu nimbrung olih..?

    • boleh saja, If

  56. Mas Zaenal akun facebooke apa, gabung dong di grup Alumnus SPG N Tegal (facebook)

    • terima kasih atas kunjungannya. saya memang belum punya akun di FB. saya belum ada kesempatan untuk gabung ke FB nanti kalau sudah ada waktu. saya punya rencana buka blog alumni spgn Tegal. tapi masih sebaatas rencana. begitu dulu mas Hirin.

  57. Mas aku ijin mentautkan URL blog Tegalan ning grup SPG Negerei Tegal ben bloge sampean lebih banyak lagi dikunjungi terutama alumnus SPG

    • ya, silakan, ora apa-apa men pada ngerti

  58. maszaenal selamat ya katanya udah lulus KS kapan pelantikanya oh ya coba buat komunitas spgn tegal di face book bagaimana apadah ada ?
    kasihkabar ya kalo udah ada
    dr soahabtmu di kemantran

    • kata siapa ya? kang yacoop tobing, sampeyan sapa ya? di FB sudah ada katanya. hanya sy belum sempat ke FB. rencana saya akan buat blog atau situs untuk alumni spgn tegal, biar bisa isi komentar dan nambah nulis di blog atau sekedar mencari alamat alumni spg yang mau bergabung. terima kasih atas kunjungannya.

  59. pak zaenal,ak pan melu takon..priben carane eben awet anom kaya sampean.soale sampean awit mbiyen sampai saiki wajahnya ora berubah.tlng ya pak?? bagi2 resepnya ok…

    • wah, saya sendiri tidak tahu, sebab tidak punya cara. karena Alloh saja. dan saya merasa biasa saja. tapi saya punya kebiasaan tidak gampang marah, nikmati hidup ini sebagai karunia, melakukan relaksasi sesudah tidur dan inversi. makan jangan sembarangan.

  60. ass.pa benarkah makam mbah gendowor letaknya dengan makam mbah semedo?

    • tidak ada bukti untuk itu. sebab hampir dibeberapa desa sekitar kecamatan talang katanya ada makam mbah gendowor. jadi belum ada data autentik yang menyebutkan makam mbah gendowor yang pasti.

  61. lumayan juga gadi ngerti aku tentang asal usul desa kelahiran ku…

  62. esih ana cerita maning ora mas?

  63. mestine ari cerita sejarah tegal kudu ana tentara kutil,pemberontakan 3 daerah,singanti dipalang (pemalang), sedulur pada gelut tegel-tegelan (tegal) nganti brebes mili (brebes) jarane melayu ngidul(banjaran)prajurite gari slawe (slawi) ngumpet ning lebak ciut (lebak siu) yomani tambahan akhire balapulang (bala pulang), hayo primen ? kiye nyong wong tegal asli saiki ning jakarta lagi sedih akeh wong tegal ora paham sejarahe

  64. kurang pas, di desa saya ada keturan gendowor ada makam kudany

    • anda tidak salah, hampir semua di daerah tegal ada yang mengaku ada makam gendowor, di setiap desa. bahkan di desa saya ada orang yang masih menyimpan bajunya beserta pusakanya. sebab dulu gendowor katanya pernah bersembunyi dan menyamar di rumah warga. jadi tidak ada yang tidak pas.mungkin di desa anda termasuk yang ada gendowornya dan konon katanya ada keturunannya itu bisa saja. sebab sampai dengan hari ini gendowor masih misteri. ok ? anda tak salah dan maaf, tak juga benar 100%. saya juga tak mengnggap paling benar tapi itulah kisah orang terkenal jadi ada di mana-mana

  65. permisi pak zaenal dan semua warga, Alkhamdulillah, pada perhatian dengan sejarah. sebenarnya di tegal dan sekitarnya banyak sekali cerita2 sejahah, kalau inigin mengungkap sejarah perlu diurutkan waktu kejadiannya supaya tidak membingunkan sebab jika tidak begitu tokoh sekarang bisa ikut berperan pada masa lalu lha apa tidak akan membingunkan itu? sekian permisi

    • Terima kasih kang parto atas kunjungannya. bila kang parto punya sejarah kirim saja ke sini nanti dimuat kalau memang layak dan bermanfaat.

  66. anake manten lebe “like” / menyukai ini

    • Terima kasih atas kunjungannya, Mas Drajat. Semoga bermanfaat dan membawa berkah.

  67. durung ana sing anyar maning pak zen?

    • durung, masalahe durung sempat nulis

  68. pa ini saya siswa klas 7h nama :rima harsa atqiya alquraisi
    alamat:bumiharja
    pa bisa ga nulisin asal-usul desa bumiharja?//////answer,please

  69. pa ini saya siswa klas 7h nama :rima harsa atqiya alquraisi
    alamat:bumiharja
    pa bisa ga nulisin asal-usul desa bumiharja?//////answer,please

    • terima kasih kunjungannya, rima

  70. assalamualaikummmmzzzzz………wr.wb!!!!!!
    pak gx bikin blog dsa jt lawang???????…………………………..

  71. assalamualaikumMmmzZZzzzztt………..wR….wB
    pak ini sya ulviyah dry kLazz 7H
    paX tLong d bxinin bLog dsa jti-Lawang

    • terima kasih kunjungannya ul, kalau saya yang buat nanti ada yang usut

  72. pa,nie saya siswa claSS 7h my name is annisa bening salsabila
    pa,saya mau tanyaaaaaaaaaaaaaa????????????/ pa saya mau tanyaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!pa guru tau ngga’!!!!!!!!!!!! asal usul SDN Kemantran 02 ……………………………………………………..
    balezzzzzzzzzzzz yaaaa paaaaaaaaaaaaaaa??????????????? thankssssssssss

    • terima kasih atas kunjungannya. tanya saja jangan malu.

  73. Desa kedokansayang baiknya disebut desa yang banyak kesayangan antara lain desa yg suka mengalah,desa yang tenang baik dipemerintahan ataupun masyarakatnya.jd jaman dahulu kala bahwa desa kedokansayang itu desa yang ter isolasi dua sungai besar antara sungai kemiri dan sunga jetis,sungai tersebut adalah sungai yang besar dan jernih jd pada waktu itu banyak dikunjungi oleh bidadari dan selir keraton yang sdh pasti cantik cantik,, disungai itulah banyak terjadi atau tempat pertemuan antata dua pasangan yang menjalin hubungan cinta dan kasih,,, maka disebutlah desa kedokan sayang.

    • Bisa juga. Terima kasih ada kunjungannya. Semoga berpahala dan banyak rejeki.

  74. assalamu alaikum mas saya sukresno anakya pa datro saya baru tahu lagi iseng iseng nulis gendowor muncul juga nama desa yang indah kelahiranku,jujur saya nangis krn bahagia bisa bersilaturahmi lewat dunia maya?

    • mas saya mau buka usaha nyuwun amalanya mas/

      • Kirim saja alamat email ke zaenal30@yahoo.co.id

  75. salam semua para pecinta rasulullah saw di desa kedokan sayang

  76. assalamu alaikum semua yang lagi online

  77. Ass. mas Zaenal, kula pan njaluk tulung kyeh. sawise kula maca artikele njenengan, kula pan melu takon sababe sing jelase gendowor padu kalian mas Bagus Suanda? terus Bagus Suanada niku sinten, tiang pundi, asale saking pundi? wonten mboten hikayate mas Bagus Suanda? Bagus Suanda di makomaken teng pundi? nek gendowor ndeyan tah makome ana ning Tembok luwung Mas. ngapurane sing akeh mas Zaenal pitakone kula ke’mrutuk. W.

    • terima kasih mas andri atas kunjungannya. sebabnya gendowor padu sama bagus suwanda sudah jelas di cerita karana tidak mau diajak bekerja sama ikut belanda. asalnya menurut sumber yang saya tanya waktu itu, sayang sekarang sumbernya telah meninggal, bagus suwanda dari jawa barat, makamnya konon ada di komplek makam kali soka. tapi saya belum pernah ke sana. tapi yang namanya babad jelas tidak seartus persen autentik. mengenai makam kendowor itu jelas tidak ada di mana-mana, meskipun di beberapa desa konon katanya ada. tapi yang jelas karena beliau seorang buruan dari kerajaan otomatis jenazahnya dibawa ke kerajaan dijadikan barang bukti.sekali lagi ini babad jadi mungkin tidak seratus persen dapat dicari barang buktinya sebab sudah dari mulut ke mulut, bukan sejarah. mungkin ada fersi lain yang menceritakan babat ini.

  78. pa,saya siswa kelas 7i,amalia safitri
    alamat:Babakan
    pa,,,,,,,saya mau tanya,,pa tau gak asal usul SD BABAKAN 01 ??????????????????????

    • asal usulnya tdk tahu pasti. saya lulusan sd babakan 01 tahun 1976. sejak tahun 1974 saya masuk di situ tdk tahu persis asal usulnya. pada saat itu sd babakan mendapat gelar sd c/ center sebab menjadi acuan sd-sd se kecamatan kramat waktu itu. dulu banyak juara diraih di tingkat kecamatan. sy pernah juara mtq 2 kali, pernah juara menulis karangan bebas 2 kali. sd babakan pernah mendapat bantuan alat-alat laboratorium ipa dari unicep maka saat itu merupakan sd terlengkap alat labnya sekitar tahun 1975. di saat sd-sd lain belum punya seragam dan logo sekolah, sd babakan 01 sudah berani membuat hal itersebut. saya bangga waktu itu jadi siswa sd babakan 01. itu saja yang dapat saya sampaikan. ohya ada satu yang paling khas, sd babakan memberi sepetak lahan kepada para siswa untuk praktik bercocok tanam sehingga pada saat istirahat para siswa sibuk menurusi tanaman masing-masing termasuk saya.

      • oh……gtu,,,makasih y,pak
        gmna kbr nya pak? baik?

        • Terimakasih atas kunjungannya

  79. apa kabar pa guru aku putune gendowor

    • terima kasih atas kinjungannya. sapa ya mas budi?

  80. maaf pa melu nimbrung lagi iseng ko nemu sesepuh dokan sayang aku Heni Budiono asal jaratan dempet saiki manggon neng Malaka Rorotan Cilincing Jakut Tks

    • Terimakasih atas kunjungannya Hen, bagaimana kabarnya? Semoga sukses selalu.

  81. kabar baik pa priben generasine cah dokansayang kaya miyen ora kaya pengajian teruskegiatan sing positif apa saiki tks

    • Alhmdllh, kegiatan di desa maju tp gak kaya dulu sebab sekarang majunya di musholla-musholla tidak kaya dulu jadi satu. Tapi masih baik ada kegiatan di tiap musholla dan masjid.

      • PADE PIMEN KABARE..?

        • Alhamdulillah apik. desa aman. hujan turun dll

  82. I’m curious to find out what blog platform you have been working with? I’m experiencing some small security issues with my latest website
    and I would like to find something more risk-free. Do you have
    any recommendations?

  83. doxsay plosok o ya men… Hehehehe

  84. Bp saya jga org Tegal tpi sdh 30thn ga pulang. Rencanax bln maret in Insya Ajah qmi ksana. Tpi sya bingung sama desa yg dsbutkn bpak takukx nanti tersesat. Ap bener d’ Tegal ad nama desa Benglilor kecmtn pesayangan. Tolong ksh tw ya?

    • Desa Bengle ada di kabupaten tegal. Desa Bengle kecamatan talang. Memang kalau dari arah kota tegal atau slawi atau banjaran lewat pesayangan. Jadi ada desa Bengle kecamatan talang, kabupaten tegal. Kalau lewat Pesayangan dari arah Kota Tegal, ambil arah kiri melewati jembatan Abang/Brug Abang terus turun ke timur melewati kantor Kecamatan Talang dan SMP Negeri 1 Talang ke timur terus nanti sampai di Desa Bengle. Kalau dari arah Slawi atau Banjaran ambil arah belok kanan. Semoga penjelasan kami ini bermanfaat.

  85. Sejarah Mbah Panggang yang nama aslinya adalah Syeh Shidik Yusuf , beliau adalah seorang Waliyullah dan seorang Ulama yang Menyebarkan Agama Islam dan juga Termasuk Tokoh Pendiri Kabupaten Tegal…Beliau Adalah Santri Dari Syeh Ahmad Jazuli yang dikenal dengan sebutan (Mbah Adiwerna),Beliau Mbah panggang seperguruan dan seperjuangan dengan Syeh Maulana Muttaqin (KiGede Sebanyu),, Yang Biasa disebut oleh oramnga Tegal Ki Gede Sebayu.Dalam Menuntut ilmu dan memnyebarkan agama islam dan juga Seperjuangan dalam membangun Kota Tegal ……..Pada saat Mbah panggang Mendapatkan tugas dari sang Guru yaitu Syeh Ahmad jazuli (mbah Adiwerna) untuk menyebarkan agama islam di suatu daerah Beliau diberi / dibekali AL QUR AN OLEG MBAH ADIWERNA. Dan semenjak Al Qur an dipegang Mbah Panggang tidak pernah merasakan ingin buang hajat besar maupun buang hajat kecil. sehingga mbah panggang selalu dalam keadaan suci dalam membawa al qur an tersebut kemanapun beliau pergi, dan kebetulan desa yang didatangi itu bernama Desa Kedokan Sayang .dan pada masa silam warga desa kedokan sayang mayoritas bersembahyang yang menganut menyembah Api (Geni) Dan saat mbah Panggang Menyebarkan Agama Islam di desa kedokan sayang, ditentang oleh para Warga ,terutama oleh Sesepuh Tetua Agama yang menyembah Api. Bahkan Syeh Shidik Yusuf Ditantang oleh orang yang sakti Mandraguna, yaitu Tokoh agama yang menyembah api tersebut,, Hai TUHANmu yang Namanya Allah itu, sama tuhanku (api) hebat mana ??? Jika tuhanmu bisa mengalahkan tuhanku Api .. maka seluruh warga sini akan mengikuti Agamamu yang kau sembah…..Dan .Apa pusakamu ?? jawab Syeh SHIDIQ YUSUF .. Sholat dan Al qur an adalah pusakaku..Alqur an inilah yang kupegang sebagai pusakaku… dan dengan secara paksa Orang sakti tersebut merebut Al Qur an yang di pegang Syeh Shidiq Yusuf ,dan melemparkannya ke bara api yang menyala yang dijadikan sebagai tuhannya… Dan dengan izin Allah SWT , karomah Syeh Shidiq Yusuf di perlihatkan,ditonton oleh seluruh warga .Ternyata AL_QUR AN tersebut tidak terbakar… bahkan ditengah tengah kobaran Api yang menyala AL_QUR AN tersebut mengeluarkan Air sehingga api itu padam…Dan dengan sepontan seluruh warga yang menyaksikan keajaiban tersebut,langsung mengakui kehebatan Syeh SHIDIQ YUSUF dan mereka langsung masuk islam… dan mulai saat itulah beliau dijuluki Mbah Panggang….dan Alhamdulilah sampai sekarang islam didaerah tersebut masih bertahan bahkan semakin ramai dengan syiar agama dengan adanya masjid dan mushola mushola,dan pengajian2 serta jamiyahan yang ada di desa kedokan sayang itulah bukti bhawa dulu adanya Orang yang pertama kali menyebarkan islam didesa kedokan sayang..Semoga islam Jaya selamanya….. Cerita ini bersumber langsung dari Mbah panggang …yang pada saat itu sabtu malam minggu pada tanggal 26 januari 2013 ada serombongan jamaah dari Surabaya yang berziarah di makam Mbah panggang , yang Dipimpin Oleh KH ASMAUN NAFI’ Pengasuh PONPES AL AFWA SURABAYA Jawa Timur beserta putranya GUS AHMAD FARID dan para santri santrinya…….atas izin dan kuasa ALLAH SWT beliau Gus Ahmad dapat berkomunikasi dengan Para Arwahus Sholihin …dan Mbah Panggang menceritakan sejarah asal muasalnya beliau dan Ki Gede Sebayu yang pernah menjadi santrinya Mbah Adiwerna sampai pintar dan menjadi seorang Ulama dan Waliyullah……….wallahu a’lam bisshowab……..kurang lebihnya mohon maaf ,semoga dapat menambah wawasa kita dalam mengenal sejarah Kabupaten Tegal…dan kita harus berterima kasih kepada beliau beliau yang telah berjasa dalam menyebarkan Islam sehingga sebagai warga Tegal, kita bisa mengenal ISLAM, dan Allah sebagai TUHAN kita………semoga kita bisa meniru atau mengikuti perjuangan Para sesepuh kita.. amin yarobbal ‘alamain.

  86. asalamu alaikum terima kasih ternyata ada tempat yang sangat bermanfaat ini ,, bisa untuk menyalurkan dan berbagi ilmu serta pengalaman …….sekali lagi terima kasih….sebenarnya aku juga aku menenangkan sejarahnya mbah adiwerna dan kigede sebayu juga,

  87. Ringkat Sejarah Tiga Waliyullah. Mbah Adiwerna , Mbah Panggang dan Ki Gede Sebayu.
    Sejarah Ringkas Mbah Adiwerna
    (SYEH AHMAD JAZULI)

    Mbah Adiwerna lahir di Malang Jawa Timur desa shoes yang sekarang bernama desa Dana Mulyo kecamatan Sumber Manjing,pada tahun 1424 M. dan hijrah ke TEGAL 1448 M . .wafat 5001 M.Di Adiwerna Tegal…
    BELIAU JUGA PERNAH BERGURU DENGAN KANJENG SUNAN BONANG pada saat masih di Malang Jawa Timur.. Syeh Ahmad Jazuli ketika berguru kepada kanjeng Sunan Bonang di Suruh untuk Duduk di Tepi Sungai yg ada di kecamatan Sumber Manjing .menunggui Air Sungai yang beriak sampai air sungai tersebut sampai tenang tidak beriak lagi, itusebagai tanda lulus Ujian , karena dapat menenangkan air sungai berate dapat menenangkan hanya,,dan setelah lulus berguru kepada kanjeng Sunan Bonang Syeh Ahmad Jazuli mengembara dan Beliau dengan salah seorang yang bernama Yusuf yang sudah meninggal dunia, dan dengan Karomahnya Syeh Ahmad jazuli Yusuf Dapat hidup kembali, dan beliau berguru kepada Syeh Ahmad Jazuli dan beliau Semasa Hidupnya dalam keadaan muslim sampai meninggal dunia tapi tidak dapat membaca Alqur an, Sehingga beliau minta di ajarkan Alquran Oleh Syeh Ahmad Jazuli, dan beliau slalu Mengikuti kemanapun perjalanan Syeh Ahmad Jazuli pergi, karena ketaatannya kepada sang Guru maka beliau Di beri nama gelar Syeh SHIDIQ YUSUF dan Ditengah perjalanan Mereka berdua Bertemu dengan seorang yang nama Syeh Maulana Muttaqin..dan ketika Syeh Ahmad Jazuli melakukan Ibadah Sholat, Syeh Maulana muttaqin merasa tertarik dengan kekaromahan Syeh Ahmad jazuli karena beliau Sholat diatas pelapah pohon kelapa.dengan khusu’ dan tenang tidak takut jatuh sholat diatas pohon kelapa.sehingga Syeh Maulana Muttaqin ingin menjadi Murid Syeh Ahmad Jazuli,dan Beliau mau menerima beliau sebagai murid dengan Syarat beliau harus mau dan ikhlas mengantarkan kemanapun Syeh Ahmad Jazuli pergi dan slalu siap menjadi tunggangan atau kendaraannya, dan Sampai sampai beliaupun rela dan Ikhlas menjadi perahu ketika Syeh Ahmad dan Syeh Shidiq Yusuf mengarungi lautan dan mereka berdua naik di atas Pungung Syeh Maulana Muttaqin. Dan Dengan keihlasannya mengarungi lautan maka Beliau diberi Gelar Ki Gede Sebanyu ..Dan orang Tegal Sekarang lebih mengenal Beliau dengan sebutan Ki Gede Sebayu….Dan pada saat datangnya waktu Sholat maka Ki Gede Sebayu mengumandangkan adzan, dan ikan ikan yang ada dilaut mendekati mereka dan berkumpul. Sehingga Syeh Ahmad Jazuli memutuskan untuk mendarat, dan daratan tersebut sekarang adalah Tanah Tegal dan di tanah inilah Beliau melihat dada Syeh Maulana Muttaqin memancarkan Cahaya, dan memberi gelar nama Ki Gede Sebanyu, Karena dengan keikhlasan nya dalam mengarungi perjalanan yang sangat jauh dengan melawan arus dan terjangan ombak lautan, yaitu dengan berenang di air laut beliau bagaikan Perahu yang punggungnya di naiki oleh Sang Guru Syeh Ahmad Jazuli dan Kakak Seperguruannya yaitu Syeh Shidiq Yusuf.pada tahun 1448 M ,Dan pada tahun itulah mereka mulai hidup ditanah Tegalan . dan sekarang diberi nama TEGAL.Dan mereka mulailah hidup di daerah tersebut dengan menyebarkan agama islam.,Dan Ki Gede Sebayu Mulai menata kehidupan Daerah tersebut yaitu Warga Tegal. sehingga beliau sampai sekarang dikenal sebagai pendiri Kota Tegal..dan Syeh Ahmad Jazuli bermukim di Adiwerna Sehingga beliau dijuliki Mbah Adiwerna, dan Ki Gede Sebayu Bermukim diDanawari kecamatan Balapulang.Karena Mbah Adiwerna Berwasiat bahwa kamu Ki Gede Sebayu akan Mulya di Daerah ini dan kamu juga akan menjadi seorang pemimpin besar didaerah ini, dan jika kamu meninggal duniapun Akan tetep mulya di daerah ini yaitu Desa Danawari…….dan Santri yang pertamanya yaitu Syeh SHIDIQ YUSUF bermukim di desa Kedokan Sayang sebelah barat Kemantran . dan beliau dijuluki Oleh Masyarakat sekitar dengan sebutan Mbah Panggang. Karena dengan kekaromahannya beliau saat berdakwa Islam di desa Kedokan Sayang ,Beliau ditantang oleh sesepuh tokoh agama daerah Kedokan Sayang ,yang kebetulan pada masa itu Masyarakat Kedokan Sayang beragama menyembah api,,, dan Jika Tuhannya Syeh Shidiq Yusuf yaitu ALLAH bisa mengalahkan Tuhan mereka Yaitu API , maka mereka akan mengikuti agama Islam yang dibawa oleh Syeh Shidiq Yusuf,
    Kata sesepuh desa” Hai Syeh Shidiq Yusuf Apa atau siapa Tuhanmu ? Allah Tuhanku jawab beliau.,”.Apa pusakamu ? “ Sholat dan Alquran ini yang kupegang sebagai Pusakaku…jawab beliau..dan dengan secara paksa Al qur an yang di pegang Syeh Shidiq Yusuf pemberian dari Mbah Adiwerna direbut dan dilempar ke bara Api yang menyala dan juga sebagai Sesembahan warga Desa Kedokan Sayang.. dan dengan Izin Allah ternyata Alqur an terebut tidak mempan terbakar oleh Api.. bahkan disela sela pembakaran ,Al Qur an tersebut mengeluarkan air. Sehingga Api itu yang mereka anggap sebagai TUHAN mereka mati.. dan dengan Sepontan Warga Masyarakat masuk Islam dengan Otomatis .Karena Takjub dan mau mengakui kekalahan tuhan mereka..yang lemah dan bisa mati.Sebab menurut Syeh Shidiq Yusuf , Tuhan orang islam itu sangat kuat dan Kekal Abadi tidak akan pernah mati . Mulai saat itulah beliau Syeh Shidiq Yusuf dijuluki oleh masyarakat dengan sebutan Mbah Panggang ,karenaPusaka beliau yaitu Kitab Alqur an beliau pernah dipanggang di bara api dan tidak mempan bahkan apinya yang mati sendiri karena tersiram air yang keluar dari KITAB SUCI AL QUR AN milik Mbah Panggang pemberian dari Syeh Ahmad Jazuli ( Mbah Adiwerna) …..Itulah sekilas sejarah Islam di Tegal pada masa silam..semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam mengenal sejarah BABAD TEGAL.. Semoga islam selalu jaya diTEGAL ilayaumil Qiyamah….Amin amin yarobbal ‘alamin…

  88. Maaf Nama desa diatas salah ketik, Yang Benar adalah Desa Shokheh sekarang desa dono Mulyo Kec sumber manjing malang Jatim

  89. Ya embuh….?? Wallohu a’lam

  90. yomand jaya slalu desa kedokan sayang

  91. mng misterinya gtu y?

  92. yg tadinya ga ngarti gadine ngarti.

  93. Di silsilah Kraton Surakarta, tertulis Gendowor/ Ki Pranantaka / R. Adip Sindurejo. Apakah sama dengan Gendowor yang diceritakan di atas?

  94. Sayang gak diceritakan peran gendowor thd Belanda. ( Sidik randugunting temennya zenal abidin yg punya tai lalat gede )

  95. Maaf…kgmas2….sebutan nama ki gendowor,,aslinya mbah jaka poleng…beliau bersemayam di alun 2brebes

  96. ass.bener ora kisah iki aku lagi nggolek bahan utk tesis saya asli pacul istri wongtangkil skeng dibogor

  97. makanan khas dokansayang sh ora disebutna pak..??? kaya bangsane gemblong, jintul, awul2, jagung, alu2,dll…

    • terima ksih atas kunjungannya semoga Alloh memberkahi, amin

    • emang betul aku be wong dokan sayang, neng mbang prapatan celeng lin ponakanne manten lurah dar’an

  98. memang asyik ceritanya

  99. Aku wong wabgan dawa mas broo ,, sejarah bapa tanggal ya aju dikit paham ,, soalle aku di bilang esih sadulur perek ,, toto domrang alm anakke bapa tanggal alm pokoke sitik pahamlah

  100. Masih nyoong wong wong wangandawa imam santoso ,,biasa ikut sook tauu ben kesane wong tua bisa cerita ,, alm bapa tanggal biyeen ne khajatan kan sering pakai hiburan jaipong ,, golek ,, sedikit tau sifat bapa tanggal soalnya ,, dulu waktu main ke rumah bapa aku punya khajat jaipong golek juga,, pas bapa tanggal sama ibu mampir ke rumaah ,, teryata omong punya cerita jam sama gelang yg di pakai ibu bapa tanggal di lepas semua suruuh si jual buat ngangkat khajat orang tua aku ,,,

    • terima kasih mas imam

  101. Aku asli cangkring sampinge loor kuburan kemuning ,, leen aku pengin ngerti sejarah desa cangkring ,, bokan ana sing paham coba ceritaknaa soalle ben sejarahee ora punaah ,, trims

  102. Waduh terharu sy membacanya sbuah kisah jaman dulu

  103. Kurang specifik latar belakangnya

    • Terima kasih atas komentarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: