Siapa Bupati Kabupaten Tegal ke-47 ?


( periode 2009-20014 )

Pilkada yang tinggal beberapa saat lagi sangat terasa suasananya. Adanya beberapa nama yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Kabupaten Tegal membuat teka teki ini semakin sulit dicari jawabannya.

Ada calon yang mengatasnamakan dari partai ini dan partai itu. Mereka memang berasal dari partai tersebut dan berkecimpung sejak lama di partai tersebut. Namun demikian ada pula yang muncul tiba-tiba mewakili salah satu partai menggeser orang yang sebelumnya benar-benar dikenal orang memperjuangkan partai tersebut.

Yang lebih dahsyat dan sangat luar biasa ada calon yang tidak mengatasnamakan dari partai manapun alias dari unsur independen. Ini merupakan peristiwa besar yang tercatat dalam sejarah Kabupaten Tegal. Calon independen benar-benar ada di wilayah kita ini.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mendukung atau memojokkan salah satu calon Bupati, tetapi inilah fakta, realita yang benar-benar ada di Kabupaten Tegal. Soal yang jadi siapa kita serahkan kepada rakyat yang akan menentukan. Jika rakyat Kabupaten tegal ini berpikiran cerdas maka akan memilih orang yang benar-benar benar . Kita tunggu saja siapa yang bakal menjadi Bupati Tegal Ke-47.

Sebagai pelengkap tulisan ini, saya tuliskan nama-nama orang yang pernah menjabat sebagai Bupati Tegal yang bersumber dari Ki Gede Sebayu Babad Negari Tegal Oleh Ahmad Hamam Rochani dan telah mengalami beberapa penyesuaian :

  1. Ki Gede Sebayu
  2. Ki Gede Hanggawana
  3. Tumenggung Tegal
  4. Arya Martalaya ( Wira Suta )
  5. Raden Harya Sidureja/ Gendowor
  6. Tumenggung Secamenggala/ Reksa Negara I
  7. Tumenggung Secawijaya
  8. Tumenggung Secamenggala II/ Reksa negara II
  9. Demang Tirtanata
  10. Tumenggung Badrayuda Secawerdaya I/ Reksanegara III
  11. Tumenggung Secawerdaya II/ Reksanegara IV
  12. Tumenggung Kertayuda/ Reksanegara V
  13. RM. Panji Cakra negara/ Bupati Kaloran
  14. Tumenggung Surenggana
  15. Tumenggung Sumadiwangsa/ Reksanegara VI
  16. Tumenggung Sungasari Panatayuda/ Reksanegara VII
  17. R.M.A. Reksadingrat/ Reksanegara VIII
  18. Tumenggung Sasranegara
  19. Mas Rangga Suradipura
  20. Tumenggung Wiryadiningrat
  21. Tumenggung Panji Sasrokusuma
  22. Raden Mas Ore/ Reksanegara IX
  23. R.M.Kis/ R.M.A. Reksanegara X
  24. R.M. Soeyitna/ Reksanegara XI
  25. R.M. Soesmana/ Reksanegara XII
  26. R. Soebiyanto( Patih )
  27. R.T. Slamet Kartanegara
  28. Mr. Besar Martakusuma
  29. R. Slamet Sunarya
  30. Kyai Abu Sudja’i
  31. Prawoto Sudibya
  32. R. Suputra
  33. R.M. Soesmana Reksanegara
  34. R.M. Soemindra
  35. R.M. Projosoemarto
  36. Soetoro
  37. Munadji (Pjs)
  38. R. Soetardja (Pjs)
  39. Supardi Yudadarma
  40. Samino Sasatrasuwignyo
  41. Herman Sumarmo, YMT
  42. Hasyim Dirdjsoebrata
  43. Winahto
  44. Soetjipto
  45. Soediharto
  46. Agus Riyanto
  47. …?

tunggu sampai pilkada dilaksanakan !

14 Tanggapan

  1. Siapapun Bupati Tegal ke 47, tidak terlalu penting, yang penting adalah Bupati tersebut harus dapat mencari jalan keluar bagi masyarakat tegal dari kesulitan-kesulitan yang dihadapi terutama adalah masalah peningkatan kesejahteraan, pendidikan dan lapangan kerja.

    Kemudian pembalakan dan penggundulan hutan secara sistematis oleh masyarakat, aparat ditegal telah menghancurkan sumber-sumber mata air yang penting bagi kebutuhan pertanian, mata air mengering, suhu udara di kabupaten meningkat menjadi lebih panas, saluaran irigasi rusak dan tidak dialiri air, petani harus menanggung beban dengan mengeluarkan biaya tambahan dengan menyedot air dari dalam tanah yang jauh dengan mesin air, rakyat tidak ada yang membela…

    kondisi ini berbeda dengan kabupaten purwokerto yang hijau, hutan-hutannya lebih terpelihara, aparat pemerintahnya lebih profesional dan peduli sama rakyatnya
    berbeda dengan aparatur negara di kabupaten Tegal yang Tamak

    terima kasih

  2. siapa pun nanti yg jd bupati yg jelas hrs lebih berprestasi drpd 46 bupati seblmnya….bukan berprstasi untuk dirinya atau istrinya atau keluarganya atau partainya tetapi untuk masyarakat tegal pd umumnya.
    Aku punya pendapat Kabupaten TEGAL jalan di tempat pembangunannya, tidak ada perubahan yg signifikan dr 13 thn yg lalu sjk tanah kelahiran sy tinggalkan. Salah satu faktornya adalah PLAN MASTER PENGEMBANGAN IBU KOTA KABUPATEN (Slawi) yg asal2an…asal dadi, asal murah, asal ana proyek, asal ana tender…
    SARAN saya..PINDAHKAN IBU KOTA KABUPATEN DAN PLAN MASTER PENGEMBANGANNYA ke salah satu daerah di sepanjang JALAN PANTURA. Apa alasanya?…silahkan kirim pertanyaan ini ke email saya. Yang pasti Kita tdk butuh lagi sejarah…kita butuh kesejahteraan (tnp meninggalkn sjrh)

  3. Saya berharap di dalam benak calon Bupati ataupun Walikota Tegal ada rasa yang tulus untuk mengembangkan kabupaten dan Kota Tegal. Saya melihat sumber daya alam dan sumber daya manusianya sangat potensi sekali untuk di kembangkan. tinggal aparat yang punya birokrasi untuk memudahkan dalam menyalurkan potensi-potensi alam dan manusianya. Contoh kota Wisata Guci dan SDM Kota Benjaran yang kreativitasnya sudah di akui di dunia luar. agar bisa di gali lebih profesional. hal ini saya sangat berharap pada bupati dan walikota yang akan duduk nanti.

  4. Saya hanya bisa berharap semoga warga Tegal yang akan memilih orang nomer 1-nya dapat benar-benar melihat kesungguhan dari calon tersebut untuk membenahi seluruh potensi yang ada.
    pengalaman-pengalaman yang terjadi baik di Tegal atau di daerah lain terkait dengan janji-janji manis dari para calbup hendaknya dapat menjadi pelajaran yang berharga.
    Harapan saya adalah semoga Bupati Tegal ke-47 terpilih adalah Pemimpin yang Amanah.

    matur nuwun

  5. sing menang wa agus maning, ora usah dadi ribut,…. perbedaan bisa di olah menjadi kekuatan untuk membangun , jangan jadikan perbedaan untuk kehancuran, iya kaya kuwe son

    sing bombong.

  6. ne saiki mas ikmal mas sing dadi he h ehe

  7. jelas dong mas ikmal soale kan idolane wong tegal sing laka-laka salam baeyh nggo jakwir2 sing ning tegal city see mas

  8. ni oleh oleh dari kami http://www.merapitegal.wordpress.com

  9. karo kiyeh siji maning http://www.insanfangki.wordpress.com h ehe he he

  10. kl bisa bawa tegal lebih maju dari sekarang. bupati terpilih nanti pasti bisa jadi persiden RI, wong tegal ayu bersatu mbagun tegal

  11. Assalamu’alaikum wr wb.
    ningali halaman puniko kulo dados inget kampung halaman kulo, nopo malih menawi wonten kesahan, wah matur nuwun sanget kangge pemrakarsa.
    sedulur warga tegal lan sekitare kulo bade paring pirso bilih wonten desa kulo, desa Gatungan kec. Jatinegara kab. Tegal puniko ampun terkenal anggenipun panorama alamipun. menawi ningali lor ketingal endahipun segoro lor, menawi ningali kidul ketingal indahipun gunung slamet. nopo malih menawi musim durian, desa Gantungan dados sentranipun durian Tegal.Menawi panjenengan remen nyamikan emping, desa gantungan genahipun emping, taken mawon ibu Durmi pakaripun emping.

    • Matur nuwun Kang Soleh sampun mampir wonten blog tegal lan. Inggih Kang, kulo sering miyos Jatinegara, tambah rame kahananipun, menawi musim duren nggih sampun dikenal sa kabupaten tegal. Menawi kang soleh bade urun tulisan babad utawi ceritanipun Jatinegara, monggo dipun tulis mawon wonten komentar, mangke kulo upload wonten blog meniko.

      • nggih pak soleh menawi emping bu durmi tapi menawi bakso, duren ,karpet ,lan sarung ucali mawon H. makmuri sing kiyose teng sampinge ibu durmi, ..monggo mampir insya,alloh mboten bakalan kecewa…..!!!!!

  12. ki entus susmono

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 379 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: